Tuesday, January 31, 2017

Virtual Private Server

ANATOMY NETWORK - Virtual Private Server, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini postingan ane membahas tentang VPS atau Virtual Private Server. Apa itu VPS? Pastinya istilah pada server yang satu ini juga terbilang asing seperti Proxy Server pada postingan sebelumnya. Untuk itu mari kita bahas tentang Virtual Private Server.



PENGERTIAN
Virtual Private Server terdiri dari 3 kata, yaitu:
  1. Virtual, dalam bahasa aritinya sebenarnya.
  2. Private, dalam bahasa artinya adalah pribadi.
  3. Server, .... ya alatnya (dah ini ga usah dijelasin :'v).
Jadi Virtual Private Server dalam bahasa artinya adalah Server Pribadi Sebenarnya. Apa yang agan sekalian pikirkan ketika melihat arti tersebut? Ya, Virtual Private Server adalah suatu program teknologi yang membuat penggunanya seperti mempunyai server sendiri secara virtual. Hampir sama seperti Hosting, bedanya dalam VPS memiliki resource yang pasti seperti kapasitas penyimpanan, CPU, maupun Memori, sehingga tidak akan terganggu oleh pengguna hosting yang lain. Ane yakin agan-agan yang sedang membaca ini pasti sudah tau apa itu Hosting. Ketika agan berlangganan hosting pasti agan mendapatkan akses agar bisa mengunggah web agan atau beragm macam file yang lain. Bayangkan bagaimana cara membagi akses dengan sekian banyaknya pengguna yang mengakses hosting? Di situlah keunggulan VPS. VPS bisa diibaratkan seperti agan mempunyai rumah sendiri tanpa adanya orang lain yang menumpang, dimana agan boleh menambah, menggunakan, maupun mengurangi fasilitas yang ada di rumah agan, dan agan juga harus bertanggung jawab secara penuh apa saja yang terjadi di rumah agan itu.
VPS ini menggunakan perangkat fisik yang diakses secara virtual. Ketika agan ingin berlangganan VPS, agan juga mendapatkan akses root dimana agan bisa dengan leluasa mengelola server sesuai kebutuhan agan. 

BASIC VPS
Berikut ini adalah pengetahuan lanjut mengenai VPS:

  • VPS seperti server yang terpisah.
    VPS menyediakan root akses dan memiliki proses-proses, file-file, pengguna-pengguna. Setiap VPS memiliki IP address masing-masing serta nomor port, tables, filter, dan peran routing juga sendiri.
  • Setiap VPS bisa diolah sesuka hati. Menghapus, menambah, merubah file apa saja, bahkan file yang ada di dalam root juga bisa. Install aplikasi dan konfigurasi pun dipersilahkan dengan bebas.
  • Di setiap satu VPS pasti memiliki CPU core/usage, RAM, dan ruang penyimpanan.
  • Tentu saja spesifikasi VPS itu bermacam-macam baik CPU, RAM, penyimpanan, dan sistem operasi (Linux atau Windows, atau yang lain).
  • VPS harus terhubung dengan komputer pribadi agan selama 24 jam non stop dengan koneksi internet yang stabil dan dengan kecepatan yang tinggi agar agan tidak kesulitan mengakses VPS agan.
  • Agan sebagai pengguna tidak perlu lagi merawat server ini. Lalu siapa yang merawatnya? Tentu saja yang merawatnya adalah perusahaan yang menyediakan layanan VPS yang agan sewa. Bukan hanya merawat, penyedia VPS juga akan bersedia mengupgrade VPS agan bisa sistem operasi, RAM, maupun storage.


PERAN VPS
VPS memiliki banyak sekali fungsi yang sangat berguna semua pastinya, beberapa diantaranya adalah:
  1. Web Hosting, peran ini adalah yang paling populer dan paling banyak diutamakan, karena sangat cocok bagi perusahaan menengah yang membutuhkan web hosting yang murah namun berkualitas. 
  2. Tunnelling, mirip seperti VPN (Virtual Private Network) yang akan mengubah IP karena paket data yang dikirim dari VPS ke ISP lalu ke PC agan.
  3. File Hosting, peran ini seperti FTP pada jaringan LAN namun bedanya File Hosing ini membagikan file agan secara online atau publik.
  4. Backup Server, peran ini sangat penting untuk menjamin layanan server. Backup Server dapat menyimpan berkas yang dapat meminimalisasi kerusakan atau kehilangan data.
PENGGUNA VPS
Siapa saja yang harus berlangganan VPS?
  1. Website
  2. Provider Web Hosting
  3. Goverment
  4. Web Developer
  5. TV/Radio
  6. Game online
PENYEWAAN VPS
Terdapat dua macam penyewaan VPS, yaitu:
  • VPS Managed
    Servernya masih kosong plong, belum diisi apa-apa, tapi udah diberi IP address beserta root dan password.
  • VPS Unmanaged
    Kalo ini sudah terinstal sistem operasi baik Linux ataupun Windows.
Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat. Wassalam...

1 comment:

  1. Want to be safe on the internet? use VPN for a connection between one network and another network privately via a public network (internet). Get unlimited full version free VPN here. Windscribe is a VPN desktop application and VPN/proxy browser extension that work together to block ads, trackers, restore access to blocked content and help you safeguard your privacy online. https://vpnmoddownload.blogspot.com/2019/06/windscribe-pro-vpn-204-mod-apk.html - windscribe full. download now to get this unlimited VPN free


    ReplyDelete