Friday, January 20, 2017

Proxy Server


ANATOMY NETWORK - Proxy Server, 
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini masih tentang Server. Postingan sebelumnya ada Web Server, Mail, Server, dan DNS Server. Ya.. kali ini kita bahas yang agak lebih rumit lagi yaitu Proxy Server. Wow... Proxy.... agak asing yah untuk istilah yang satu ini?... Sebenarnya apa itu Proxy? dan Apa itu Proxy Server? Dalam postingan kali ini mari kita bahas tentang hal-hal di atas. 

PENGERTIAN
Proxy Server, terdiri dari 2 kata, yaitu:
  1. Proxy dalam bahasa artinya wakil atau orang yang diberi hak kuasa. Dalam bidang jaringan proxy diartikan sebagai alat yang tugasnya untuk meneruskan permintaan client ke server lain.
  2. Server diambil dari kata serve yang artinya melayani. Dalam dunia jaringan server merupakan komputer yang menyediakan layanan-layanan tertentu untuk client.
Jadi dari pengertian di atas Proxy Server merupakan server yang menyediakan layanan untuk meneruskan request atau permintaan client ke server lain di internet. Posisi proxy berada di tengah-tengah antara client dan server lain. Secara prinsip proxy berperan sebagai perantara penghubung antara client yang tidak terhubung dengan server lain. 
Jika dianalogikan proxy bisa diibaratkan sebagai penjaga perpustakaan. Ketika agan ingin meminjam buku di perpustakaan terkadang tidak diperbolehkan untuk langsung mencari dan mengamibil buku yang agan inginkan, tetapi diperbolehkan untuk meminta bantuan kepada petugas. Tentu saja dengan nama buku yang jelas. Lalu kemudian petugas akan mencari dan mengambilkan buku yang agan inginkan tadi. Dalam kasus ini petugas juga berhak memastikan, misalnya mana buku untuk mahasiswa dan hanya boleh dipinjam bagi mahasiswa, atau semua buku boleh dipinjam oleh dosen, dan masyarakat umum hanya boleh meminjam buku tertentu. 
Mungkin proses tersebut terasa lebih lama dibangdingkan dengan mencari sendiri buku yang agan inginkan. Tetapi mungkin setiap kali petugas mencari dan mengambil buku untuk seseorang, si petugas juga membuat beberapa salinan dari buku tersebut sebelum memberikan bukunya kepada orang yang meminta, dan menyimpannya di atas meja pelayanan. Maka apabila ada orang lain yang meminta buku tertentu, sangat besar kemungkinan buku yang diminta sudah tersedia salinannya diatas meja, dan si petugas tinggal memberikannya langsung tanpa mencarinya terlebih dahulu. Hasilnya adalah layanan yang diberikan lebih cepat dan pastinya keamanan yang baik.

FUNGSI
Proxy Server memiliki 3 fungsi utama, diantaranya  adalah Connection Sharing, Filtering, dan Caching.
  1. Connection Sharing
    Dalam hal ini server berperan sebagai gateway. Seperti yang kita ketahui bahwa gateway bertindak sebagai batas penghubung antara client dengan jaringan global atau internet. Jadi client tidak terhubung langsung ke internet melainkan harus melewati gateway. Peran gateway ini sangatlah penting karena dengan adanya gateway jaringan lokal dilindungi dari jaringan blobal yang mungkin ada suatu bahaya di dalamnya. Gateway ini juga bertindak sebagai titik dimana jaringan lokal tehubung kepadanya dan jaringan global juga terhubung kepada gateway ini. 
  2. Filtering
    Berfungsi sebagai firewall yang digunakan sebagai packet filtering untuk melindungi jaringan lokal dari kemungkinan bahaya atau gangguan dari jarinagn internet. Tugasnya menyaring paket-paket yang melintas dalam jaringan yang terhubung. Contohnya adalah dapat menkonfigurasi web mana saja yang bisa diakses pada waktu tertentu.
  3. Caching
    Proxy memiliki mekanisme untuk menyimpan objek-objek yang sering diminta client dari server-server di internet. Objek ini disimpan di dalam penyimpanan pada disk sever. Ketika agan meminta layanan dari internet yang mengandung objek-objek yang sering diminta maka server akan langsung memeriksa cache, jika ada maka server akan lansung memberikan objek yang disimpan pada cache, dan jika tidak ada maka server akan memintanya ke server aslinya di internet. Objek yang tersimpan pada cache bisa saja sewaktu-waktu bisa kadaluwarsa. Tergantung dari validasi yang digunakan, karena ada 2 metode yaitu pasif dan aktif. Metode pasif berlaku apabila validasi dilakukan setelah adanya permintaan dari client. Server mengamati perubahan pola pada objek, misalkan pola objek berubah setiap pukul 8 malam dan client biasa memintanya pada pukul 9 malam, maka secara otomatis server akan memperbarui objek tersebut antara pukul 8 hingga pukul 9, dengan metode ini waktu yang dibuthkan client untuk mendapatkan objek yang baru sangatlah sedikit, metode ini dinamakan metode aktif.
Mungkin cukup sekian yang dapat ane jelaskan, semoga bermanfaat. Wassalam...

0 komentar:

Post a Comment