Sunday, January 22, 2017

Domain dan Hosting

ANATOMY NETWORK - Domain dan Hosting, Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini ane ingin berbagi penjelasan singkat tentang Domain dan Hosting. Masih sedikit berkaitan dengan Server tapi tidak terlalu mengarah ke sana namun lebih mengarah kepada pengertian dan beberapa hal lainnya yang mendasar. 
Baiklah sebelumnya, pasti agan sudah tau atau pernah lihat ada kombinasi huruf pada akhir URL, sperti misalnya www.google.com, nah... pada URL tersebut jika dipenggal maka menjadi www dan google kemudian com. Mungkin untuk www agan-agan sudah mengetahui artinya yaitu world wide web. Sedangkan google ya sudah pasi itu nama webnya. Lalu apa yang dimaksud dengan com itu? Mungkin bisa kita bisa lihat jawabannya pada penjelasan di bawah ini.


DOMAIN

PENGERTIAN
Domain adalah nama pengganti alamat atau nama suatu server di jaringan internet. Tujuannya adalah agar lebih memudahkan pengguna internet dalam mengakses server, misalnya mengakses web dan mail server. Selain dipakai untuk memudahkan dalam mengingat nama server, juga dipakai sebagai pengganti IP address yang sulit diingat. Sebenarnya agan bisa mengakses atau mengunjungi suatu website dengan IP address namun hal itu pasti sangat menyulitkan, bukan? 
Contoh: misalkan agan mempunyai server dengan IP address webnya adalah 10.55.200.19. Sebenarnya agan bisa mengakses di browser dengan IP address tersebut secara langsung. Tetapi hal ini akan menyulitkan orang lain yang ingin mengakses web tersebut, karena biasanya orang akan lebih mudah mengingat deretan huruf daripada deretan angka. Tentu saja tidak membuat deretan huruf yang sulit diingat pula seperti 4g4nm4nt3p.com. Buatlah nama domain yang mudah diingat, misalnya aganganteng.com, ini akan lebih mudah ketimbang 10.55.200.19. 
Sebagai tambahan saja apabila agan ingin membuat domain, sangat dianjurkan untuk memilih domain yang singkat, mudah, dan unik karena saat ini sudah banyak orang-orang yang memiliki domain. Kenapa harus pendek? Karena tentu saja agar mudah diingat oleh orang-orang, jangan seperti ini misalnya wisnukholidhaedarramadan.com. Dan juga disarankan agar tidak menggunakan angka terlalu banyak, cukup dua atau satu angka saja, misalnya cinema21.com. Pilih juga domain yang tidak sulit diucapkan, jadi apabila ada orang yang mengucapkan nama domain agan dengan tanpa suara pun dapat didengar, eh maksudnya kita bisa melihat dari bentuk bibir orang yang berbicara (seperti lip sync lah).

FUNGSI
Fungsi utama domain ini adalah sebagai pengganti alamat IP yang dibuat untuk mengakses server. Bayangkan saja bagaimana rumitnya orang-orang yang ingin mengunjungi sebuah website dengan munggunakan alamat IP, pastinya sangat menyulitkan. Belum kalau alamat IP server yang digunakan berubah. Dalam hal ini DNS juga berperan penting, bahkan memang DNS lah yang mengelola ini semua.

Domain juga dalam penamaannya ada yang disebut dengan TLD atau Top Level Domain, yaitu format penamaan domain dengan tingkatan. Misalnya tingkatan tertinggi adalah .com. Penamaan domain juga diatur oleh organisasi yaitu Internet Assigned Numbers Authority. TLD dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. generic TLD (gTLD), terdiri dari tiga huruf atau lebih, misalnya .com, .net, .org, .edu, .mil, .biz, .info, dan masih banyak lagi.
  2. country-code TLD (ccTLD), terdiri dari dua huruf digunakan sebagai kode negara, misalnya .es untuk Spanyol.
  3. sponsored top-level domains (sTLD), digunakan untuk organisasi profesional tertentu, misalnya .aero untuk industri pesawat.

HOSTING

PENGERTIAN
Hosting diambil dari kata host yang artinya tuan rumah. Tapi pada istilah jaringan, Hosting adalah pealayanan internet yang menyediakan tempat untuk menyimpan halaman web agar bisa diakses di internet. Tentu saja file yang disimpan berupa HTML, PHP, image, audio, dan video. Jika dianalogikan hosting ini bisa berupa flashdrive yang isinya adalah halaman web tetapi bisa diguanakan siapa saja sekaligus. Jadi setelah agan membuat halaman web, lalu agan ingin agar web agan dapan diakses secara online, maka agan memerlukan tempat hosting dan nama domain sebagai pengenal website agan.


Untuk mendapatkan hosting dan domain agan bisa menyewanya ke provider web hosting dengan kapasitas tertentu dan harga tertentu, biasanya menggunakan sistem sewa 3 bulan, atau 6 bulan, bahkan pertahun. Biasanya provider web hosting sekaligus menjual domain. Tapi ada juga yang menjual domain terpisah, misalkan providerA menyediakan hosting dan domainnya dibeli dari providerB. 
Selain berbayar ternyata ada juga yang gratis yang biasanya dipakai untuk proses belajar. Agan dapat mengunjungi www.rumahweb.com tapi tentu saja ada syarat dan ketentuannya.

Mungkin hanya ini saja yang bisa ane jelaskan, semoga bermanfaat. Wassalam...

0 komentar:

Post a Comment